(021) 753-8505
Depok Office
Depok Office
indota_express@yahoo.com
Minggu - Sabtu: 8AM - 5PM

Kelebihan dan kekurangan Menggunakan Kargo Darat

Indota Express > News > Tips > Kelebihan dan kekurangan Menggunakan Kargo Darat

Kelebihan dan kekurangan Menggunakan Kargo Darat

Posted by: admin
Category: Tips

Cargo merupakan sarana pengiriman barang yang lazim dilakukan baik menggunakan sarana transportasi seperti truk cargo, kereta api, kapal, maupun pesawat udara. Cargo darat mendominasi pengiriman barang terutama untuk tujuan satu pulau atau lokasi yang berdekatan. Sarana ini juga menjadi salah satu transportasi utama yang dimanfaatkan oleh berbagai jasa ekpedisi pengiriman barang untuk menjangkau berbagai daerah di Indonesia. Selain itu fasilitas ini juga sering dimanfaatkan oleh produsen berbagai jenis barang untuk pengiriman barang produksi, terutama barang yang memiliki daya tahan lama.  Berikut ini kelebihan dan kekurangan dalam menggunakan Kargo darat:

Kelebihan

Harga Lebih Terjangkau

Hal ini disebabkan oleh biaya operasional untuk cargo ini tidak sebesar alat transportasi laut maupun udara. Pengiriman barang melalui jalur darat dapat menghemat pengeluaran anda. Kebutuhan operasional yang cenderung terbatas, serta tidak perlu terlalu banyak menaikan dan menurunkan barang untuk mencapai daerah-daerah tertentu membuat metode ini sangat menguntungkan. 

 

Prosedur Pengiriman Tidak Rumit

Dibandingkan dengan pengiriman barang via kapal laut maupun pesawat terbang, dokumen yang dibutuhkan oleh kargo darat dalam proses pengiriman barang relatif lebih mudah dan sedikit. Kendati ada beberapa dokumen yang wajib anda siapkan seperti invoice dan surat jalan, namun hal ini tidak serumit prosedur menggunakan moda lain. Hal ini membuat anda dapat segera melakukan pengiriman barang tanpa harus menunggu berbagai prosedur yang merepotkan.

 

Dapat Menyesuaikan Ukuran Barang

Metode pengiriman darat yang lazim digunakan adalah menggunakan truk kontainer maupun kereta api. Kedua moda transportasi darat ini memberikan kebebasan lebih pada anda dalam mengatur menyesuaikan barang yang akan anda kirimkan.  Kargo maupun truk terbuka dapat menampung berbagai jenis barang, bahkan bila digunakan untuk mengangkut barang elektronik maupun kendaraan seperti mobil dan sepeda motor. 

 

Kekurangan

Waktu Kirim Lebih Lama

Tentu saja banyak faktor yang membuat pendistribusian melalui jalur darat menjadi lebih lama dibanding jalur lain. Pertama adalah kondisi lalu lintas yang cukup padat, dimana hal ini membuat waktu tempuh semakin lama. Faktor ke dua adalah kondisi infrastruktur seperti jalan yang kurang memadahi. Oleh karena itu,  untuk pengiriman melalui jalur darat disarankan lebih pada barang-barang yang tidak mudah basi atau rusak. 

 

Resiko Kerusakan Tinggi

Faktor lamanya waktu pengiriman bisa membuat barang-barang yang dikirim menjadi rusak selama perjalanan. Di samping itu, tidak semua moda transportasi kargo darat menjamin keamanan barang. Truk bak terbuka misalnya, kendaraan ini tentunya kurang aman untuk dijadikan pilihan pengiriman barang dalam kemasan mudah rusak seperti kardus. Kondisi bak terbuka tentu membuat berbagai kotoran masuk ke bak pengangkut. Selain itu paparan air hujan ketika memasuki musim penghujan juga meningkatkan resiko kerusakan barang kiriman. 

Author: admin